Translate

Diberdayakan oleh Blogger.

About Me

Foto Saya
Biografi ‘Ubur-ubur’: Cewek cuek yang hobi keluyuran dan susah dicari karena suka menghilang seenaknya.Sering banget diomelin teman,sahabat, en ortu karena hobinya yang menurut mereka riskan. Seorang kuli (karena blom jadi bos) yang terkadang menulis tentang cerita perjalanannya hanya karena dia pelupa dan takut memori di otaknya sudah full. Baginya jika buku adalah jendela dunia maka perjalanan adalah pintu dunia.
 

Minggu, 16 Desember 2012

Transportasi Umum menuju Pulau Derawan via Tarakan/via Berau/via Balikpapan

8 komentar



Sangking cintanya gue ama pulau Derawan, berbagai cara uda gue jabanin biar bisa sampe kesono.
Meskipun hasil akhirnya tetep aja ====> ongkos kesono lumayan nyedot kantong!
Tapi ada harga ada kualitas (kayak beli barang aje)
Gw ga pernah nyesel meskipun biaya kesono bikin nyesek, karena pas sampe sono ga bakalan inget dan selalu pulang dengan happy dan dapet bonus gosong.

Dan meskipun uda banyak info di internet bagaimana transport ke Derawan, masihh adaaaaa aja traveller yang salah kaprah. Alhasil mereka malah menghabiskan waktu lebih lama di perjalanan (yang memang jauuuh!) atau malah menghabiskan biaya lebih besar.


Yang paling sering niihhh, traveller pada nyangsang di Tarakan bingung pegimane caranye nyampe ke derawan pake transport umum MURAH!


PERLU ANE TEGASKAN DISINI, KALO MAU BACKPACKERAN KE DERAWAN JANGAN LEWAT TARAKAN JIKA KELOMPOK KALIAN KECIL. Karena tidak ada transport umum langsung dari Tarakan ke Derawan, kecuali sewa speedboat sendiri! oRANG-ORANG YANG KE Derawan lewat Tarakan adalah orang-orang yang menggunakan jasa agen TOUR! Karena mreka sewa boat, dan rombongan mreka dlm jmlh besar so tidak ada masalah. Lah terus gimana ceritanya ama para backpacker yg cuma bedua ato sendirian yg mau ke derawan lewat Tarakan?? Pastilah melongo waktu sampe di Tarakan.



Jujur aye masih suka gemes soal ini. Soalnya adaaaa aja org2 yg tanya ke derawan naik apa dari Tarakan. Padahal mreka cuma bedua, parahnya uda beli tiket pesawat Jkt-Tarakan PP, dueennk! Aye tau, maksud hati kalian tuh naik pesawat ke Tarakan biar lebih murah daripada ke Berau. Tapi itu justru lebih merepotkan bagi para backpacker. Dan ujung2nya jatuhnya biaya yg dikeluarkan akan sama aja ama naik pesawat ke berau. Atau malah lebih mahal!



Ok, selesai gemesnya. Akan kujelaskan panjang lebar disini.

Jika anda sudah terlanjur beli tiket ke Tarakan, ada 2 alternatif yg bisa dipilih :

1. Sewa speedboat langsung menuju Derawan. Harganya?? Untuk speedboat kecil untuk 4-5 orang (trgantung ukuran body penumpang) harga rata2 kisaran 4,5jt (tergantung negonya dan berapa hari). Sedangkan utk speedboat lebih besar kapasitas 15 org harga berkisar 8jt keatas. Biasanya itu berlaku 3 hari. Jadi diantar ke derawan, dan keliling pulau kakaban,sangalaki,maratua, trus diantar balik ke tarakan. Cost nya bisa jadi murah kalo kalian share 4-5 org. Tapi bayangin aja klo backpackeran cuma bedua harus byar 4,5jt, belum lagi penginapan dan makan slama di Derawan, jiaaaahh.

Oya utk waktu tempuh speedboat kecil lebih lama, bisa nyampe 4 jam lebih. Kalo speedboat agak gedean yg mesinnya 2 bisa nyampe 2,5 jam dah. Emang ombak di derawan ga segede karimun jawa. Tapiiiii aku kapok naik speedboat hingga berjam2 dari Tarakan-Derawan PP yg sangat menyiksa. Kepala terhantuk2, bokong terlempar2, perut teraduk2, komplit deh. Mending bgt lewat berau.

Rute via Tarakan cara 1 :
Sewa speedboat di Pelabuhan Tengkayu - Pulau Derawan ==> Kalau jalan sendiri , mahal.



2. Alternatif kedua yang pastinya lebih murah tp lebih rempong dan lamaaa adalah lewat darat. Dari Tarakan naik speedboat ke Tanjung Selor-Naik mobil ke Berau-Naik Mobil ke Tanjung Batu-Naik speedboat ke Derawan. Total waktunya 7 jam! Belum lagi kalian harus nunggu penuh baru mobilnya mau berangkat. Belum lagi kalo kalian kemaleman dijalan, trus ga da transport umum dan disuruh carter, belum lagi kalo ga ada boat yg bisa nganter lantaran ga da penumpang laen, kalian harus carter lagi, ato mgkn nginep di tanjung batu sampai esok hari tiba. Rempong kan?! Ingat, ini Kalimantan yang segala halnya mahal. Kisaran biaya normal yang dikeluarkan 350rb-400rb/org.

Rute via Tarakan cara 2 :
Dari Tarakan naik speedboat ke Tanjung Selor-Naik mobil ke Berau-Naik Mobil ke Tanjung Batu-Naik speedboat ke Derawan ==> Wasting time and budget.


Ke Derawan Via Berau (Kota terdekat)


Nah untuk para backpacker yang belum beli tiket pesawat, ane saranin beli tiket pesawat menuju Berau, jangan ke Tarakan deh klo ga mau rempong kayak diatas. beda harganya berkisar 300rb lebih mahal tp lebih efisien. Rutenya seperti ini Jakarta-Balikpapan-Berau. Jangan beli tiket pesawat yang direct, beli yang terpisah aja, biar lebih murah.Normalnya si kalo dr jkt-bpp-berau jatuhnya 700rban sekali jalan.



Trus dari bandara Berau, cari mobil taxi kijang menuju Tanjung Batu (taxi disono berupa mobil pribadi sejenis panther,avanza,xenia dll). Tuh mobil baru mau berangkat klo uda penuh, harga normal sekitar 70rban/org dari bandara.Untuk amannya tanya dulu ya harganya ke sopir.



Perjalanan ke tanjung batu memakan waktu 2jam an. setelah itu naik speedboat kecil ke derawan selama 45 menit lah. speedboat jg baru mau berangkat klo penuh. Harga normal 50rb. Tapi kalo uda putus asa nunggu ga da penumpang laen, carter aja 500rb per boat.


Rute Berau
Berau - Mobil ke Tanjung Batu - Speedboat ke Derawan ==> Recommended


Ke Derawan Jalur Darat dari Balikpapan



Nah kalo ente punya jiwa adventure tinggi dan hobi potrat potret, ente bisa cobain jalur yg satu ini. Jalur Darat!! Meskipun cukup menyengsarakan (lebay.com :P) tapi menurut ane, ini perjalanan darat paling seru sepanjang hidup gue!! Bayangin aja untuk ke Derawan dari Balikpapan yang normalnya bisa ditempuh selama 24-26 jam bisa jadi 3 hari! Haha. Itu karena kondisi jalanan pedalaman yg ancur abis. Jangan dikira 3 hari itu nginep di hotel, en jgn dikira ada pom bensin klo mau ke toilet. Nginepnya ya di minibus ditengah hutan, toiletnya nunggu nyampe rumah makan. Tapi banyak hal seru yg ane alami mulai dari mini bus dalam posisi 45 derajat, mini bus yg berenang di lumpur, jalanan yg longsor di pinggir tebing, mini bus terbang, dihadang longsoran tanah dari atas, kabut yg eksotis, drama perjuangan para sopir truk, drama macet total ditengah hutan, penjual makanan tengah hutan, beras dayak dan masih byk lagi. Berikut rutenya :





•Dari Bandara Balikpapan naik taksi ato ngiritnyee naik ojek ke terminal batu ampar balikpapan. Tawar2an harga dulu gan
•Dari terminal naik bis ke samarinda
•Terminal Sei Kunjang Samarinda naik angkot ke Terminal Lempake Samarinda
•Dari terminal lempake naik minibus ke Berau/Tanjung Redeb
•Dari terminal Berau/Tjg Redeb naik taxi kijang ke Tanjung batu
•Dari Tanjung batu naik speedboat ke Derawan.


Total biaya kisaran 400rb (400rb itu uda nyampe derawan loh)



Tapi rute ini tidak disarankan bagi yg tidak memeiliki waktu libur panjang, karena lama perjalanan sukar diprediksi. Tergantung dr kondisi jalan. Slamat mencoba!



En buat ente2 yang males ribet dan kepentok waktu libur yg terbatas mending sih pake agen tour aja. Apalagi kalo ente cuma sendirian, lebih murah pake tour karena share ama peserta tour yg lain.


Nah semua jalur menuju Pulau Derawan entu sudah ane cobain semua gan. So akurat! Kalo ada yg berubah paling soal biaya. Emang sih cepet naik harga trutama penginapan. Maklum lg famous.



Nah pesen ane tolong jangan buang sampah sembarangan disono ya gan. Earth too nice to Destroy (nyolong slogan Surfer Girl)

Tanpa agan buang sampah disono, uda banyak sampah yg terdampar disana, kalo ane baca2 dari tulisan sampahnya sih asalnya dari jepang, cina dan sebagainya.



O ya nambahin, kalo ke derawan jangan lupa berenang sama ikan manta di pulau sangalaki. Dan snorkelling di area pulau kakaban luar, ada tebing karang cantik disono, smakin keujung smakin bagus, tp jgn terlalu ujung, bahaya! Kalo ke pulau sangalaki jgn ketika surut, waspada sting ray. Kalo agan mau liat kima raksasa dalam laut, fun dive aja di sekitar jetty BMI. Kalo mau liat terumbu karang cantik tanpa harus repot2 snorkeling, kelilingin aja pulau derawan pas lg surut. tingginya cuma sedengkul, karang warna warni, ikannya banyak, tapiii hati2 nginjak karangnya yaaa. Selamat berlibur!!


Note : Biaya perjalanan diatas tercatat pada akhir tahun 2011. Sekarang sudah naik lagi. Karena hp gw ilang, jadi ga bisa kasi info biaya ter-update-nye. Tapi ada berita baiknya, ongkos pesawat Balikpapan - Berau sekarang jauh lebih murah dari sebelum2nya.


8 komentar:

ana purnawan mengatakan...

wah...keren bgt....(y) and udah sering bgt travelling ya...

blh dunk kenalan....

posisi aq skrg d bontang.... cuti nanti akhir november... kl ada jadwal travelling lg, contact2 ya..:)

Lenny mengatakan...

Hai,
Boleh doong, nanti gue kabarin kalo mo ngetrip yee. tapi utk bulan november ini rencana mo puasa jalan dulu, da acara khusus :p

lam kenal!
Cheers

Catherine Emilia mengatakan...

Keren abis blognya! Aku bakal mampir lagi kalo pas mau ke Derawan. Perjalananku di Kalimantan baru Kandangan dan Banjarmasin. Semoga bisa nambah ya, Mb Lenny. Hehehehe Aminn. Salam kenal!

Lenny mengatakan...

sippp, smoga bs cpetan nyampe derawan :)

met kenal catherine!

INDARTO GOLEK KONCO mengatakan...

wah, bagus tulisannya,,,
ijin bookmark ya..

aku asal solo, tapi sekarang kerja di Malinau Kalimantan Utara,
pengen nanti waktu cuti bisa mampir dulu ke Derawan

makasih infonya..
salam kenal

Lenny mengatakan...

Wah lumayan deket tuh dr malinau...
Lam kenal indarto..

Kasim Azis mengatakan...

informasi terbaru,mungkin sangat berguna,dari tarakan ke derawan ada publik transport Rp 250.000(promosi)setiap hari jumat dan dari derawan ke tarakan setiap hari minggu.

Riyadi Kts mengatakan...

Kalo tempat tempat exotiz dipulau jawa aku dah kenyang. Tapi setelah baca tulisan di blog nya mbak leni. Jujur jadi pengen ksana aku. Infonya lengkap jelas detail. Sukses trus untukmu mbak. Bravo alam exotiz indonesia.

 

Share It

Followers